100% No Hoax

apa hubungannya lahar dan gempa ?


      Menurut sebuah definisi, setiap bagian dari alam selalu berhubungan. Terlepas dari benar atau tidak, yang pasti lahar mempunyai hubungan dengan bencana yang dalam kurun waktu terakhir ini sering terjadi, yaitu gempa.

Seiring keadaan lempengan permukaan bumi yang terus menipis akibat keadaan alam atau pengambilan sumber daya yang berlebih oleh manusia, maka gempa akan semakin berpotensi besar akan sering terjadi.

Seperti diketahui, bahwa inti bumi adalah suatu benda yang sangat panas, dan panasnya bisa melebihi 6000 derajat celcius.

Disini berlaku hukum jika benda yang panas dan tidak mendapatkan udara yang cukup untuk melepaskan panas, maka benda itu akan memuai, dan menghasilkan benda cair.

Teknisnya seperti ini, inti bumi yang panas itu seperti seseorang yang sedang melakukan sauna. Seperti diketahui juga, inti bumi terbungkus oleh beberapa lapisan bumi, dan bagian bumi yang terbungkus secara otomatis tidak mendapat udara sebagai pelepas panas.

Keadaan inilah yang membuat inti bumi memuai dan menghasilkan benda cair, yang kemudian bercampur dan mengalir. Dan bagian yang mengalir inilah yang dikenal dengan lahar.

Lahar akan terus aktif bergerak, dan senantiasa memberikan tekanan kepada lapisan-lapisan bumi.

Apa yang akan terjadi jika lapisan bumi sudah menipis dan tidak mampu lagi menahan lahar tersebut? Ya, lahar akan muncul keluar, dan permukaan lempengan bumi akan hancur.

Akibat hancur, sebagian permukaan bumi yang lain akan hilang keseimbangannya, karena permukaan bumi yang hancur itulah yang selama ini menjadi penahan.

Dari siklus inilah dapat terjadi gempa, karena memang pada dasarnya permukaan bumi yang lain terus berubah ketebalannya dimana-mana, yang juga bisa menjadi ancaman akan potensi terjadinya gempa.
Powered by Blogger.