100% No Hoax

Perdebatan mengenai hak cipta


      Dalam industri manapun, hak cipta sering kali menimbulkan dampak yang cukup signifikan. Perdebatan dalam hal ini seolah tidak pernah berhenti, masalah tentang hak cipta adalah sesuatu yang kontroversial.

Dalam suatu kasus, pernah ketika itu seseorang mengupload video lagu ke youtube. Sebagian dari nada lagu tersebut di klaim oleh seorang pihak sebagai hak cipta miliknya. Bagaimana mungkin sebagian nada yang tidak memiliki sebuah bentuk lagu bisa di klaim hak cipta miliknya? Yang jadi pertanyaan, apakah tangga nada do re mi fa sol la si do juga bisa diklaim hak cipta? Hal seperti ini yang kadang terdengar lucu dan aneh.

Ini seolah masuk dalam sebuah fungsi yang bisa menjadi hak cipta, tanpa memperhatikan bentuk yang seharusnya di klaim sebagai hak cipta. Tidak secara langsung, masalah seperti ini akan menghambat kreatifitas banyak orang, bayangkan saja sudah berapa banyak video youtube yang dihapus karena masalah pelanggaran hak cipta.

Seharusnya bidang tentang hak cipta ini memiliki perhatian yang khusus dari banyak orang. Diatur dengan baik, sehingga tidak kacau penempatannya yang berakibat menimbulkan kerugian untuk banyak orang, khususnya melarang hak banyak orang untuk membuat suatu kreatifitas.







Powered by Blogger.