100% No Hoax

Tips rapat sukses CEO perusahaan ternama


         Rapat Tidak Harus Duduk

      Mengadakan rapat memang sudah seharusnya diterapkan oleh sebuah perusahaan dan organisasi. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, rapat adalah resep wajib di perusahaan manapun.

Namun, kadang suatu rapat bisa saja terbentur oleh suasana yang bermacam-macam sehingga hasilnya tidak efektif dan tidak sesuai dengan harapan.

Seharusnya rapat bisa dilakukan dengan santai, mari kita lihat tips rapat sukses oleh CEO perusahaan ternama yang melibatkan unsur-unsur berikut;


1. Membatasi jumlah peserta rapat
Terlalu banyak bumbu dalam suatu masakan tentunya akan membuat makanan itu menjadi tidak lezat. Begitu juga dengan proses rapat, terlalu banyak pemikiran yang kadang tidak sejalan akan membuat hasil rapat menjadi semakin runyam.


2. Buatlah tujuan rapat dengan jelas
Rapat biasanya diadakan untuk menemukan gagasan baru atau untuk menyelesaikan suatu masalah, dan pemahaman terhadap materi rapat sangatlah penting. CEO Facebook, Mark Zukerberg dan karyawannya selalu memulai rapat dengan pertanyaan "Apakah kita ingin membuat keputusan atau berdiskusi?" Dan penting untuk menentukan materi sebelum rapat dimulai.


3. Sederhana dan Tanpa presentasi
Suasana rapat yang sederhana dan mengalir apa adanya dinilai lebih efektif untuk menghasilkan keputusan rapat yang baik.


4. Menyediakan Memo
Sebelum rapat juga penting menyediakan memo atau kertas catatan untuk semua peserta rapat. Dengan hal seperti ini para peserta rapat bisa terdorong untuk menyiapkan materinya, dan sadar akan peranannya di dalam rapat.


5. Tidak harus di kantor
Sebagian besar CEO perusahaan ternama kadang membuat rapat dalam suasana santai dan cenderung lebih disukai para peserta rapat. Misalnya saja rapat tanpa harus duduk dan rapat diluar lingkungan kantor.


6. Melibatkan semua peserta rapat
Dalam hal ini semua peserta rapat diharuskan untuk membuat keputusan masing-masing demi lebih tercapainya tujuan akhir dari rapat.
Powered by Blogger.