100% No Hoax

3 bencana ketika musim kering



      Musibah yang juga menjadi sosok menakutkan untuk sebagian besar manusia, binatang, dan tumbuhan adalah datangnya musim kering. Pada saat musim ini keadaan air sangat langka dan susah ditemukan, bahkan pada sungai air juga bisa mengering dan menghilang.

Saat musim kering tiba adalah waktu ketika keadaan alam menjadi tidak seimbang, musim kering membuat pasokan air yang tersedia didunia menjadi sangat terbatas, tidak jarang banyak manusia dan binatang yang mati karena kekurangan air. Diduga musim kering ini akibat dari kurangnya pohon pada suatu daerah sehingga air tidak tersimpan dengan baik ditambah dengan panasnya terik matahari yang membuat air mudah menguap.

Ada 3 bahaya yang harus diwaspadai ketika musim ini datang, apa sajakah itu?


  • Kebakaran, kebakaran sangat rentan terjadi ketika musim kering ini tiba. Musim kering akan sangat mudah membuat hutan terbakar dan memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk api merayap kerumah kita. Pada saat seperti ini sebaiknya dibentuk petugas khusus untuk mengawasi keadaan setiap hutan untuk mengurangi resiko kebakaran di kota.                                                                                                                                                                                                                                                                    
  • Cuaca yang sangat dingin ketika pagi, anda akan membutuhkan selimut tebal ketika musim kering menimpa daerah anda. Untuk mereka yang memiliki kondisi tubuh yang tidak tahan dingin akan lebih baik jika menyiapkan selimut tebal untuk menghadapi ancaman datangnya musim kering.                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
  • Mudahnya terjangkit saluran pernapasan, ini adalah hal yang sudah kita kenal saat musim kering melanda. Kabut asap yang tebal saat terjadi musim kering sangat berdampak buruk terhadap saluran pernapasan, dan sebaiknya anda menyediakan masker juga disaat musim kering ini.

Biasanya musim kering terjadi dalam waktu 6 sampai 8 bulan, tetapi bisa juga lebih. Beberapa negara maju membuat program khusus untuk menghadapi bencana musim kering ini, termasuk dalam hal penyediaan pasokan air untuk kebutuhan penduduk. Pemerintah dan penduduk saling bekerjasama untuk menangani kasus musim kering yang dapat menelan korban jiwa ini, diantaranya juga disusun program untuk merawat spesies hewan liar.

Powered by Blogger.