100% No Hoax

Kehidupan pesantren membentuk jiwa yang sederhana


      Kira-kira apa yang ada dibenak anda jika melihat foto di atas atau memikirkan tentang pesantren. Kehidupan pesantren dihiasi oleh banyak anak-anak berpakaian putih dilengkapi dengan sarung pada bagian bawahnya, ya seperti itulah pakaian lazim yang sering mereka pakai saat menempuh pelajaran di pesantren. Para pelajar pesantren juga sering disebut dengan santri.

Pesantren adalah sebuah sekolah khusus yang ditujukan untuk belajar lebih dalam tentang agama islam. Mereka yang sekolah di pesantren diwajibkan untuk menginap di asrama yang telah disediakan oleh pesantren itu, waktu mereka untuk pulang ke rumah dan bertemu orang tua pun juga sangat terbatas.

Ohya, biasanya lokasi pesantren berada dalam lingkungan desa. Untuk apa hal ini, agar para pelajar lebih fokus untuk belajar ilmu keislaman, lokasi pesantren juga jauh dari pusat kota, sengaja seperti itu untuk menjaga agar para pelajar tidak tergoda dengan suasana keramaian kota.

Pesantren adalah sekolah yang mendidik anak-anak untuk lebih mandiri, itulah kenapa anak pesantren tidak manja, karena memang kehidupan mereka sudah terbiasa sejak sekolah untuk hidup mandiri. Tidak semua orang akan tahan jika sekolah di pesantren ini, hanya mereka yang memiliki jiwa yang kuat yang dapat bertahan sampai lulus sekolah.

Makanan khas untuk semua pelajar di pesantren adalah nasi putih, ikan kering, dan sedikit sayur setiap hari, tidak jarang dalam seminggu mereka akan makan dengan menu yang sama. Untuk apa program ini? Program makan pesantren yang unik ini khusus untuk mendidik para pelajar agar terbiasa hidup sederhana, para guru di pesantren juga mengatakan bahwa program ini agar para pelajar lebih siap jika nanti menghadapi hidup miskin.

Pakaian sederhana, makanan sederhana, dan tempat tinggal yang tidak ada televisi dan handphone membuat para santri memiliki jiwa yang sederhana dan rendah hati. Di pesantren mereka juga diajarkan tentang nilai kesopanan, disiplin, dan kejujuran. Nah, apakah anda berminat untuk sekolah di pesantren?
Powered by Blogger.